Berbagi Informasi tentang Materi-materi dan soal-soal yang ada di Lingkungan Sekolah ataupun Perkuliahan

Jumat, 19 Desember 2014

Proses dan Tingkatan Perencanaan

A.       Proses Perencanaan
Perencanaan pada dasarnya merupakan suatu proses untuk menetapkan di awal berbagai hasil akhir (end results) yang ingin dicapai organisasi di masa mendatang. Hasil akhir yang ingin dicapai oleh organisasi dinyatakan dalam bentuk berbagai tujuan (goals) yang hendak dicapai organisasi dalam suatu kerangka waktu tertentu. Selanjutnya para pimpinan organisasi akan merumuskan berbagai rencana tindakan yang memungkinkan organsiasi mencapai tujuan tersebut (strategy). Dengan demikian, proses perencanaan pada dasarnya merupakan suatu proses pembuatan tujuan (goal making process) sekaligus juga merupakan proses pembuatan strategi (strategy making process) (Jones & George, 2007: 202).

B.       Tingkatan Perencanaan
Di dalam sebuah organisasi/perusahaan, perencanaan terjadi pada 3 (tiga) jenjang manajemen perusahaan (Solihin, 2012 : 10), yakni :
1.      Perencanaan Tingkat Korporat (Corporate Level)
·         Rencana pada tingkat ini mencakup : penetapan visi, misi, dan tujuan-tujuan organisasi, strategi yang dikembangkan dan struktur korporasi yang dipilih oleh organisasi.
·         Misi dan tujuan organisasi selanjutnya akan menjadi pedoman untuk menentukan tujuan divisi dan tujuan berbagai fungsi organisasi.
·         Untuk mencapai tujuan organisasi, maka dibuatlah strategi pada tingkat korporat, strategi ini akan memberikan arah dalam indutri dan pasar mana organisasi akan bersaing.
2.      Perencanaan Tingkat Divisi (Division Level)
Para pimpinan pada tingkat divisi akan mengembangkan perencanaan pada tingkat divisi yang mencakup : tujuan jangka panjang dan pembuatan strategi serta struktur pengendalian pada tingkat divisi.
3.      Perencanaan Tingkat Fungsional/Departemen (Functional/Departement Level)
·         Para pimpinan pada tingkat fungsional (contoh dalam perusahaan bisnis : manajer produksi, manajer akuntansi, manajer pemasaran, manajer SDM, dll.) akan mengembangkan rencana pada tingkat fugsional/departemen.

·         Rencana pada tingkat ini akan menetapkan tujan yang ingin dicapai oleh masing-masing fungsi yang akan menjamin tercapainya tujuan.

Sumber :
·         Solihin, Ismail. 2012. Manajemen Strategik. Jakarta : Erlangga.
       Jones, G.R. & George, J. M. 2007. Essential of Contemporary Management. Ed. 2. McGraw Hill 

Proses dan Tingkatan Perencanaan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pendidikan Bareng

0 komentar:

Posting Komentar