Berbagi Informasi tentang Materi-materi dan soal-soal yang ada di Lingkungan Sekolah ataupun Perkuliahan

Minggu, 07 Januari 2018

Makalah Ikatan Kovalen Koordinasi


KATA PENGANTAR

Puji Syukur kepada Allah SWT sebagai pencipta dan pengatur kehidupan di dunia, karena hanya dengan berkat, rahmat, dan karunia-Nya lah kami dapat menyelesaikan makalah ini. Shalawat dan salam juga kami curahkan kepada Nabi besar Muhammad SAW, junjungan umat Islam, pembawa kebenaran di muka bumi. Terima kasih kepada Bapak Direktur, para dosen serta seluruh staff di Kampus yang telah mendidik serta membimbing kami. Terima kasih pula kepada teman - teman di Kampus yang telah memberikan sumbangsih sehingga makalah ini dapat selesai tepat pada waktunya. 

Makalah ini merupakan sebuah tugas dalam mata kuliah Pancasila yang dibuat oleh penulis guna menunjang proses belajar yang kini tengah dijalani oleh para penulis. Adapun judul makalah ini adalah “Ikatan Kovalen Koordinasi”. Di dalam makalah ini dijelaskan tentang apa itu Ikatan Kovalen Koordinasi. Dimana dalam makalah ini diharapkan lebih membuka wawasan berfikir dibidang khususnya Kimia.

Terlepas dari berbagai kesalahan dan kekurangan dalam makalah ini, penulis sangat berharap agar makalah ini dapat membantu dalam memahami lebih jauh tentang Ikatan Kovalen Koordinasi. Sekian dan terima kasih


Jakarta, 23 Maret 2017  

BAB I
PENDAHULUAN
Dalam kehidupan sehari-hari sering kali kita menerima begitu saja dunia sekitar kita beserta perubahan-perubahan yang terjadi di dalamnya tanpa mempertanyakan misalnya, apa itu air, apa itu bensin, mengapa bensin bias terbakar sedangkan air tidak? Apakah arti tarbakar? Mengapa besi dapat berkarat sedangkan emas tidak? Apa itu karet dan bagaimana membuat karet tiruan?
Pertanyaan-pertanyaan diatas adalah sebagian dari masalah yang dibahas dalam dalam ilmu kimia. Oleh karena itu, ilmu kimia dapat di definisikan sebagai ilmu kimia adalah ilmu yang mempelajari segala sesuatu tentang materi, seperti hakekat, susunan, sifat-sifat, perubahan serta energi yang menyertai perubahannya.
Suatu atom bergabung dengan atom lainnya melalui ikatan kimia sehingga dapat membentuk senyawa, baik senyawa kovalen maupun senyawa ion. Senyawa ion terbentuk melalui ikatan ion, yaitu ikatan yang terjadi antara ion positif [atom yang melepaskan elektron] dan ion negative [atom yang menangkap elektron]. Akibatnya, senyawa ion yang terbentuk bersifat polar.
Dalam setiap senyawa, atom-atom terjalin secara terpadu oleh suatu bentuk ikatan antaratom yang deiebut ikatan kimia. Seorang ahli kimia dari Amerika serikat, yaitu Gilbert Newton Lewis ( 1875- 1946) dan Albrecht Kosel dari Jerman ( 1853- 1972) menerangkan tentang konsep ikatan kimia.

BAB II
PEMBAHASAN
A. PENGERTIAN 
Ikatan kovalen koordinasi adalah ikatan kovalen yang terjadi dimana elektron dalam pasangan elektron yang digunakan bersama berasal dari salah satu atom yang berikatan. Syarat terjadinya ikatan ini adalah atom pusat harus memiliki PEB (Pasangan Elektron Bebas).
Contoh senyawa yang memiliki ikatan kovalen koordinasi adalah HNO3, NH4Cl, SO3, dan H2SO4. Ciri dari ikatan kovalen koordinasi adalah pasangan elektron bebas dari salah satu atom yang dipakai secara bersama-sama seperti pada contoh senyawa HNO3 berikut ini. Tanda panah (→ ) menunjukkan pemakaian elektron dari atom N yang digunakan secara bersama oleh atom N dan O.


B. PENGGAMBARAN IKATAN KOVALEN KOORDINASI
Pada diagram yang sederhana, ikatan kovalen koordinasi ditunjukkan oleh tanda panah. Arah panah berasal dari atom yang mendonasikan pasangan elektron mandiri menuju atom yang menerimanya.

C. CONTOH SENYAWA
1) Senyawa SO3
Atom 16S memiliki konfigurasi elektron 2  8  6. Jadi, atom ini memiliki enam elektron valensi. Atom 8O memiliki konfigurasi elektron 2  6. Untuk membentuk senyawa SO3 yang memenuhi kaidah oktet, sepasang elektron dari atom S akan berikatan dengan sepasang elektron dari atomO sehingga membentuk satu ikatan rangkap dua. Dua pasang elektron lainnya dari atom S akan membentuk dua ikatan kovaleen koordinasi dengan dua atom O.

Jadi, dalam senyawa SO3 terdapat satu ikatan rangkap dua dan ikatan kovalen koordinasi.

2) Senyawa NH4
Pada penggambaran struktur lewis molekul HNO3, elektron yang berasal dari atom H ditandai dengan (x), elektron dari N ditandai dengan (x), dan elektron dari O ditandai dengan (.).

Jadi, dalam molekul HNO3 terdapat 3 ikatan kovalen dan 1 ikatan kovalen koordinasi.

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Ada beberapa atom yang sukar melepaskan atau menerima elektron karena memerlukan energi yang sangat besar untuk berlangsungnya proses tersebut. Untuk membentuk konfigurasi elektron gas mulia, atom–atom ini saling berikatan melalui pemakaian elektron bersama. Pemakaian pasangan elektron bersama terjadi pada atom-atom nonlogam yang terjadi melalui pemakaian pasangan elektron bersama disebut ikatan kovalen. 

DAFTAR PUSTAKA

DiniaInd, 2013, Ikatan Kovalen Koordinasi, https://diniindriasari.wordpress.com/,
diakses tanggal 23 Maret 2017 jam 19.34

Kimia Dasar, 2015, Ikatan Kovalen Koordinasi, http://kimiadasar.com/,
diakses tanggal 23 Maret 2017 jam 20.20

Separtan, 2011, Ikatan Kovalen Koordinasi, http://separtan.blogspot.com/,
diakses tanggal 23 Maret 2017 jam 21.10

Wikipedia, 2017, Ikatan Kovalen Koordinasi, https://id.wikipedia.org/,
diakses tanggal 23 Maret 2017 jam 20.50

Makalah Ikatan Kovalen Koordinasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pendidikan Bareng

0 komentar:

Posting Komentar