Berbagi Informasi tentang Materi-materi dan soal-soal yang ada di Lingkungan Sekolah ataupun Perkuliahan

Minggu, 07 Januari 2018

Manfaat AC bagi Kesehatan

Manfaat Air Conditioner (AC) bagi Kesehatan

Manfaat Air Conditioner (AC) bagi Kesehatan
Manfaat Air Conditioner (AC) bagi Kesehatan

Melindungi dari panas dan dehidrasi
Panas yang berlebihan dapat menyebabkan stroke panas, di mana tubuh tidak dapat mengatur suhu dengan baik. Jika tidak segera diobati, stroke panas ini dapat merusak otak dan organ vital lainnya. AC bisa membantu mencegah terjadinya stroke panas dengan jalan menurunkan suhu udara. Dehidrasi adalah masalah lain yang berhubungan dengan paparan panas yang berlebihan. Berkeringat berlebih karena suhu tinggi dapat menyebabkan dehidrasi, jika cairan tubuh  yang hilang tidak diisi ulang dengan baik. AC bisa meminimalkan risiko dehidrasi dengan cara mengurangi keringat dan kehilangan banyak cairan.

Meningkatkan Produktivitas
Dengan suhu panas yang tak tertahankan, AC akan membantu mengurangi kelelahan yang berhubungan dengan panas dan stres. Dengan adanya AC yang menyejukkan, maka akan meningkatkan produktivitas kerja. Panas yang ekstrim bisa menimbulkan efek negatif pada aktivitas fisik dan kecerdasan. AC akan meningkatkan kinerja dengan menyediakan lingkungan kerja yang sejuk dan nyaman. Selanjutnya, dapat membantu Anda untuk bisa tidur dengan nyaman,  dan dengan demikian terhindar dari kelelahan dan masalah lain yang terkait dengan kurang tidur.
Meningkatkan Kualitas Udara dalam ruangan
AC membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan secara signifikan. AC pada umumnya dapat menyaring debu, serbuk sari, dan alergen dari lingkungan lainnya. Selain itu juga akan mengontrol pertumbuhan jamur dan lumut dengan cara mengurangi tingkat kelembaban. Di daerah dengan kualitas udara yang buruk, AC dapat menciptakan suasana yang bersih dan sehat.

Dampak Positifnya :
  1. AC bisa digunakan untuk mendinginkan serta menyejukkan ruangan
  2. Bebas penyakit (karena memang disaring dengan filter)
  3. Mengubah pola tidur, umumnya membuat ngantuk (cepat tidurnya)
  4. Menambah nafsu makan (udara dingin akan mempengaruhi organ pencernaan manusia)
Dampak Negatifnya :
  1. Menyebabkan Global Warming / pemanasan global (Freon menyebabkan berlubangnya lapisan ozon, jika berlubang, maka suhu & cuaca menjadi kacau)
  2. Tagihan listrik naik karena AC memakan listrik sebesar 50% dalam penggunaannya baik di rumah dan juga di kantor.
  3. Pemakai AC juga mengalami kerugian antara lain, kulit dan rambut menjadi kering karena penggunaanAC / Sparepart AC yang terlalu sering
  4. Apabila terkena hembusan angin AC secara langsung kita akan mudah terserang penyakit seperti: masuk angin, sakit kepala, flu, otot terasa kaku,nyeri dan kesemutan di sekitar leher.


Manfaat AC bagi Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pendidikan Bareng

0 komentar:

Posting Komentar