Berbagi Informasi tentang Materi-materi dan soal-soal yang ada di Lingkungan Sekolah ataupun Perkuliahan

Minggu, 07 Januari 2018

Manfaat Kulkas dalam Rumah Tangga

Manfaat Kulkas dalam Rumah Tangga - Kulkas atau lemari pendingin adalah gadget rumah tangga yang sangat populer. Sekarang, hampir semua rumah tangga memiliki kulkas. Kulkas biasa ditempatkan di dapur karena umumnya digunakan untuk tempat penyimpanan makanan. Apa manfaat kulkas dalam rumah tangga?


1. Menjaga Kesegaran Makanan
Bahan makanan yang disimpan di dalam kulkas dapat tahan lebih lama daripada bahan makanan yang tidak disimpan di dalam kulkas. Hal ini dikarenakan suhu yang dingin menghambat pembusukan berbagai bahan makanan misalnya sayuran, daging, buah, dan lain sebagainya.

2. Mengolah Makanan
Kulkas juga dapat dimanfaatkan dalam membantu mengolah makanan misalnya dalam pembuatan es krim, membekukan makanan, menyiapkan adonan, mengeraskan makanan agar mudah diiris, dan lain sebagainya.

3. Menyediakan Es Batu
Es batu dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti mengolah makanan, mengolah minuman, untuk air kompres, pengawetan bahan, dan lain sebagainya. Kulkas dapat membekukan air sehingga menjadi es batu yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan tersebut.

4. Meningkatkan Citarasa Minuman
Salah satu fungsi utama kulkas adalah mendinginkan minuman. Beberapa jenis minuman lebih nikmat diminum dalam kondisi dingin seperti minuman teh kemasan, soft drink, jus, dan lain sebagainya. Bahkan sebagian orang suka minum air putih dalam keadaan dingin.

5. Menyediakan Ruang Penyimpanan Kering
Ruang di dalam kulkas bersuhu rendah tetapi sangat kering. Hal ini bisa menjadi tempat penyimpanan bahan-bahan yang harus terjaga dalam lingkungan sejuk dan kering misalnya obat-obatan
.
6. Memudahkan Penataan Bahan Makanan
Kulkas modern telah dirancang untuk menyediakan ruang dengan fungsi-fungsi tertentu seperti rak telur, rak botol, rak es batu, freezer, tangki air dingin dengan dispenser, rak toples, serta kontainer sayuran dan buah. Hal ini membantu mempermudah penataan bahan makanan di dalam kulkas.

7. Membuat Dapur Lebih Rapi
Kulkas sangat membantu dalam membuat tampilan dapur terlihat lebih rapi. Kulkas akan menyembunyikan bahan makanan yang tidak perlu disajikan atau diperlihatkan. Banyak bahan makanan yang dapat disimpan dalam kulkas sehingga tidak perlu meyediakan banyak ruang untuk meletakkan bahan makanan di dapur.

8. Mengurangi Frekuensi Belanja Dapur
Memiliki kulkas membantu anda meningkatkan kapasitas stok bahan makanan sehingga mengurangi frekuensi belanja dapur. Dengan memiliki kulkas anda dapat menyimpan banyak jenis bahan makanan selama beberapa hari sehingga tidak perlu berbelanja keperluan dapur setiap hari.

Dampak Positif dan Negatif Kulkas.
1. Dampak Positif
Dampak positif  dari penggunaan kulkas (lemari es) sangat banyak karena pada zaman sekarang kulkas digunakan sehari-hari yaitu untuk mendinginkan dan mengawetkan makanan maupun buah-buahan agar bisa bertahan lebih lama dan untuk digunakan kembali di lain waktu. Berbeda apabila tidak menggunakan kulkas atau lemari es, makanan hanya bisa bertahan paling lama 5 hari, sedangkan apabila menggunakan kulkas makanan bisa tahan sampai lebih dari 2 minggu.

2. Dampak Negatif
a) Dampak bagi lingkungan
Dampak negatif dari penggunaan kulkas (lemari es) yaitu pada penggunaan pendinginan yang terdapat pada kulkas mengandung CFC (Cloro Fluro Carbon) yaitu senyawa yang dapat merusak lapisan ozon (O3), ozon yang terdiri dari tiga kali oksigen sangat mudah untuk terlepas dari unsurnya oleh unsur-unsur yang terkandung pada CFC, CFC sangatlah berbahaya bagi lingkungan karena berpotensi 5000 kali lebih besar dari Carbon Dioksida (CO2) dalam hal pemanasan global di bumi.
b) Dampak bagi kesehatan
CFC dapat menimbulkan gejala keracunan bagi manusia akibat menghirup udara dari gas tersebut. Efek yang biasa di timbulkan adalah pembengkakan tenggorokan, sulit bernapas, sakit tenggorokan parah, kehilangan penglihatan, membakar mata, hidung, bibir dan lidah, luka bakar pada kerongkongan, dll.
Selain itu juga akibat dari menghirup gas ini dapat menyebabkan irama jantung abnormal. Irama jantung abnormal adalah irama jantung dmana iramanya tidak seperti normal. Mungkin saja terlalu cepat detak jantung tersebut atau bahkan terlalu lemah. Sehingga dapat menimbulkan kematian.

Manfaat Kulkas dalam Rumah Tangga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pendidikan Bareng

0 komentar:

Posting Komentar