Berbagi Informasi tentang Materi-materi dan soal-soal yang ada di Lingkungan Sekolah ataupun Perkuliahan

Sabtu, 19 Desember 2015

Unsur-Unsur Kebudayaan

C. Kluckhohn, dalam bukunya Universal Categories of Culture (1953) menyebutkan tujuh unsur dari kebudayaan sebagai berikut :
1)      Bahasa
Sistem perlambangan manusia yang lisan maupun yang tertulis untuk berkomunikasi satu sama lain.
2)      Sistem pengetahuan
Pengetahuan mengenai teknologi dan pengetahuan yang mencolok dan dianggap aneh. Cabang-cabang pengetahuan tersebut antara lain pengetahuan tentang :
(a)     alam sekitarnya; (musim2, sifat gejala alam, bintang2,dsb). Pengetahuan ini mendekati lapangan religi bilamana pengetahuan ini bersangkutan dengan masalah asal mula alam, penciptaan alam, asal mula gejala2, asal mula gerhana, dsb.
(b)    alam flora di daerah tempat tinggalnya; merupakan pengetahuan dasar bagi kehidupan manusia dalam masyarakat kecil yang nantinya berhubungan dengan sistem mata pencaharian masyarakat tersebut. Pengetahuan ini juga dipakai untuk pengobatan, ilmu dukun, upacara keagamaan, dsb. Selain dua hal tersebut, pengetahuan ini juga berhubungan dengan sistem teknologi dimana masyarakat membuat bahan cat, racun senjata, dsb.
(c)     alam fauna di daerah tempat tinggalnya;
(d)    zat-zat, bahan mentah, dan benda-benda dalam lingkungannya; pengetahuan ini diperlukan manusia guna membuat dan menggunakan alat-alat dalam hidupnya.
(e)      tubuh manusia; pengetahuan yang mendasari ilmu untuk menyembuhkan penyakit oleh para dukun dan tukang pijat.
(f)     sifat-sifat dan tingkah laku sesama manusia; banyak suku bangsa dalam hal bergaul dengan sesamanya berpegangan pada misalnya pengetahuan tentang tipe-tipe wajah (ilmu firasat), atau pengetahuan tentang tanda-tanda tubuh tersebut. Dalam golongan ini dapat juga dimasukkan pengetahuan tentang sopan-santun pergaulan, adat-istiadat, sistem norma, hukum adat, dsb.
(g)    ruang dan waktu. Banyak kebudayaan yang belum terpengaruh dengan ilmu pasti modern. Banyak kebudayaan yang mengenai suatu sistem untuk menghitung jumlah-jumlah besar, mengukur, menimbang, mengukur waktu (tanggalan), dsb.
3)      Organisasi sosial/Sistem Kekerabatan
Setiap kehidupan masyarakat diorganisasi atau diatur oleh adat-istiadat dan aturan-aturan tentang berbagai macam kesatuan di dalam lingkungan tenpat individu hidup dan bergaul dari hari ke hari. Kesatuan sosial yang paling dekat dengan dan mesra adlah kesatuan kekerabatannya, yaitu keluarga inti yang dekat dan kaum kerabat lain, kesatuan-kesatuan di luar kaum kerabat, tetapi masih dalam lingkungan komunitas.  
4)      Sistem teknologi
Cara-cara memproduksi, memakai, dan memelihara segala peralatan hidup, yang terdiri dari : (1) alat-alat produksi; (2) alat membuat api; (3) senjata; (4) wadah; (5) makanan; (6) pakaian; (7) tempat berlindung; dan (8) alat transportasi.
5)      Sistem mata pencaharian
Sistem ekonomi dari suatu bangsa, yang terdiri dari : (1) berburu dan meramu; (2) beternak; (3) bercocok tanam di ladang; (4) menangkap ikan; dan (5) bercocok tanam menetap dengan irigasi. 
6)      Sistem religi
Merupakan getaran jiwa manusia yang mendorong manusia untuk melakukan tindakan-tindakan religi. Sistem keyakinan, sistem upacara keagamaan, umat religi.
7)      Kesenian

Ekspresi hasrat manusia akan keindahan, yang terdiri dari seni rupa dan seni suara.

Unsur-Unsur Kebudayaan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Pendidikan Bareng

0 komentar:

Posting Komentar